Ads by BuzzCity

Minggu, 08 Juli 2012

Present Tense

Kumpulan Informasi - Pengertian Present Tense dan Rumusnya ~ Bahasa inggris adalah bahasa internasional, makanya anda perlu mempelajari sedikit demi sedikit bahasa inggris ini, saya akan memberi pelajaran Present Tense.


Mungkin bagi yang sudah belajar bahasa inggris, Tense itu sangat gampang, Present tense digunakan untuk menyatakan peristiwa atau kejadian, kegiatan, aktivitas dan sebagainya yang terjadi saat ini. Present Tense juga digunakan untuk menyatakan suatu Fakta, atau sesuatu yang tejadi berulang-ulang dimasa KINI. Ingat,PRESENT artinya adalah kini, sekarang.



Rumusnya:


  • Positif: S + V1 (s/es)

  • Negatif: S + DO/DOES + NOT + V1

  • Tanya: DO/DOES + S + V1





Contoh Kalimat Positif:


  • I drink coffee

  • She drinks coffe

  • We drink coffee








Ya, sengaja pelajaran Tense bahasa inggris ini dibuat simple saja agar cepat faham. Anda perlu mengembangkannya sendiri misalnya dengan membuat 100 contoh sendiri. Pasti Anda perlu kamus juga, karena belajar tenses lalu mentok dengan suatu kata kerja maka biasanya tidak jadi, hehe..


Cara Membaca Rumus:
S artinya Subject, V1 artinya Verb1 atau kata kerja bentuk pertama. Garis miring artinya ya Atau dong!.


Kapan pakai S atau ES dan kapan tidak?
Kalau Subjectnya He, She, It, John, Mufli, Ellen atau Orang ketiga TUNGGALmaka kata kerjanya tambah S atau ES. Tidak sembarang tambah S atau ES juga nih, ada daftarnya. Daftarnya itu bayak sekali, mustahal saya tulis disini, cape dehh nulisnya, Anda musti beli buku Grammar juga. Belajar bahasa Inggris perlu modal, hehe..


Di atas tadi ada istilah Orang Ketiga Tunggal, maksudnya gini: Orang ketiga adalah orang yang kita bicarakan, yang kita omongin. Sedangkan orang pertama ya yang bicara. Orang kedua lawan bicara. Tunggal ya satu. Jadi orang ketiga tunggal adalah orang yang kita bicarakan dan satu saja dia itu. Misalnya kita berdua ngomongin John Scoping. Yang ngomong saya, yang dengar Anda, yang dibicarakan John Scoping (orang ketiga tunggal). Faham ya?


John Scoping belajar Tenses.
John Scoping learnS english.


Tidak bisa LearnES, mengapa? ya memang begitu!. Tetapi yang ini malah tambah ES:


John Scoping goES to School (tambah ES).


Kalimat Negatif Present Tense



Bentuk Negatif, artinya menyatakan TIDAK. Maka sesuai rumus Present Tense, setelah SUBJECT ditambah DO atau DOES, baru NOT, lalu tambah kata kerja bentuk pertama tanpa S atau ES lagi. S atau ES nya dimana? Sudah di doES tadi.


Untuk I, WE, YOU, THEY tambah DO
Untuk SHE, HE, IT, Mufli, Ellen tambah DOES


I do not drink coffee.
She does not drink coffee.
John Scoping does not learn english.


Coba perhatikan She does not drink coffee. Drink nya tidak pake S lagi, pindah ke doES. Biasakan saja, Present Simple Tense ini sepertinya rumit tetapi kalau faham maka enak banget. Ulangi saja baca dari atas 10 kali lagi, biar meresap benar, hehe.. Bikin juga 10 contoh Anda sendiri dengan kata kerja yang berbeda. Yes, belajar bahasa Inggris tak boleh manja, harus aktif, baru akan bisa.


Kalimat Tanya Present Tense



Kalimat tanya untuk Present Tense sesuai rumus diatas, atau saya tulis lagi seperti ini:


Tanya: DO/DOES + S + V1


Sama saja pasangannya. Untuk I, WE, YOU, THEY gunakan DO. Untuk SHE, HE, IT, Mufli, Ellen gunakan DOES. Contohnya begini:


Kalimat positifnya: I drink coffee
Kalimat tanya menjadi: DO you drink cofee?


Kalimat positif: She drinks coffe
Kalimat tanya: DOES She drink coffee?


Kalimat tanya seperti diatas disebut juga YES/NO Question. Karena jawabannya memang Yes atau No. Do You drink coffee? “Yes I do” jawabnya. Atau bisa bisa dijawab dengan lengkap: “Yes, I do drink coffee”. Dihilangkan DO nya juga boleh, menjadi kalimat positif lagi: “Yes I drink coffee”.


Ya, memang benar kalau Present Tense ini lebih rumit dibandingkan dengan Present Continous Tense karena tiba-tiba kok pake DO, eh untuk orang ketiga tunggal pakai DOES segala, hehe.. Kalau dalam Present Continuous Tense nanti tinggal dibalik doang.



Gimana teman ? Gampang kan pelajaran Present Tense nya, semoga dihari besok saya akan berikan Tenses yang lainnya. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...