Ads by BuzzCity

Kamis, 05 Juli 2012

Inilah Asal Usul Kata OMG (Oh My God)

Oh My God, siapa yang tak kenal dengan kata-kata ini? Di kalangan anak muda, kata yang biasa disingkat OMG (o-emji) ini sudah sangat populer. Hampir setiap anak muda mengucapkannya untuk menunjukkan ekspresi heran, kaget, atau kagum. Dalam bahasa Indonesia, ekspresi ini bisa diartikan ‘ya Tuhan’ atau ‘ya ampun’.


Kata-kata OMG ini mulai populer diucapkan sejak awal-awal tahun 2000-an. Tak hanya bagi penutur bahasa Inggris, kata-kata tersebut juga populer bagi penutur bahasa lain, termasuk bahasa Indonesia. Di situs Yahoo Indonesia, OMG bahkan menjadi nama salah satu kanal untuk berita-berita selebritis dan entertainmen.

Meski baru populer di awal tahun 2000-an, tapi percayakah Anda bahwa kata-kata ini sebenarnya pertama kali dikenal manusia pada tahun 1917? Begitulah cerita yang dikemukakan situs cracked.com. Dengan mengutip Kamus Oxford, situs tersebut mengungkapkan bahwa OMG pertama kali ditemukan dalam catatan bertuliskan tahun 1917.


Catatan itu dibuat oleh seorang laksamana angkatan laut Inggris bernama John Arbuthnot ‘Jacky’ Fisher. Saat menuliskan kata Oh My God, dia berusia 75 tahun. John berasal dari kesatian 1st Baron Fisher di Kilverstone.


Dalam catatannya tertulis kalimat seperti ini, "I hear that a new order of Knighthood is on the tapia -- O.M.G (Oh! My God!) -- Shower it on the Admiralty!" Kurang lebih kalimat ini mengisyaratkan keinginannya untuk dinaikkan posisinya. Begitu catatan ini ditemukan, bukan maknanya yang kemudian menjadi terkenal. Tapi potongan kata-kata OMG itulah yang menyebar. Konon, John sendiri tidak paham dengan arti kata tersebut.



sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...