Cewek pasti pernah bingung kalo liat cowok-cowok lagi ngomongin bola. Ni sekarang mau ngasih bekal buat cewek biar nggak bengong-bengong amat pas cowok lagi ngomongin bola. Justru cowok tuh nganggap cewek yang ngerti bola itu seksi, lho. Ini beberapa hal yang mesti cewek ketahui tentang sepak bola:


1.
Beda Liga sama Piala

Sering banget ada yang bilang, “Ini Liga Inggris kapan finalnya kok ada yang juara aja?” Penjelasannya, Liga itu sistemnya pake poin. Jadi yang kalah nggak langsung gugur, tapi tetap main. Menang dapet 3 poin, seri 1 poin, kalah 0. Peringkat 1 yang jadi juaranya. Kalo Piala, pake sistem grup (mirip liga) terus juara grup saling ketemu, yang kalah gugur. Gitu terus sampe final.


2.
Beda EURO sama Piala Dunia

Sebenernya dari nama aja udah cukup jelas sih, tapi kadang masih ada aja yang nanya, “EURO nanti Argentina main nggak? Mau liat Messi.” Penjelasannya, EURO itu kompetisi bola buat negara-negara di Eropa, Piala Dunia buat perwakilan dari tiap benua.


3.
Offside

Istilah ini yang paling sering ditanyain sama cewek, bahkan cowok aja ada yang nggak ngerti. Sederhananya sih, offside itu kalo pemain yang nyerang pas di-passing (oper sama temennya), dia lebih deket ke garis gawang dari pemain bertahan kedua terdekat.


4.
Gol Nggak Jadi

Gol yang nggak disahkan wasit itu namanya dianulir, biasanya karena terjadi pelanggaran, bisa bola kena tangan (hands ball), offside, atau pelanggaran lainnya. Ada juga wasit yang nggak menganggap gol padahal bola udah lewatin garis. Bola dianggap gol kalo bola seutuhnya udah lewat garis gawang, bukan setengah atau tiga perempat bagiannya.


5.
Kenapa Torres Dicela

Kemaren-kemaren sempet rame soal cela-celaan buat Torres. Kenapa sih? Soalnya Torres pindah dari Liverpool ke Chelsea dengan harga mahal, tapi dia nggak ngegolin juga. Tapi sekarang udah mulai ngegolin lagi kok.


6.
Siapa Jose Mourinho? Kenapa Julukannya The Special One?

Jose Mourinho salah satu pelatih tersukses, 5 kali dapet gelar pelatih terbaik. Juara liga sama tim yang berbeda, Porto, Chelsea, Inter, sekarang Madrid.

Segitu dulu Soccer 101 nya. Siapa tau nanti ada lagi, jangan ke mana-mana, pantengin terus makanya.

Sumber