Ads by BuzzCity

Rabu, 13 Juni 2012

mahluk jepang yokai dan keahliannya

salam sob ni dia topik yang saya suka tentang yokai si hantu jepang ada banyak jenisnya tapi saya akan share beberapa ja
langsung ja nih

Youkai atau setan, roh, atau rakasa Adalah kelas makhluk supranatural dalam cerita rakyat Jepang mulai dari kejahatan oni (ogre), nakal kitsune (rubah) atau wanita salju Yuki-onna. Beberapa hewan memiliki bagian dan bagian fitur manusia (seperti Kappa dan Tengu). Youkai umumnya memiliki semacam kekuatan spiritual atau supranatural. Yōkai yang memiliki kemampuan untuk bentuk-pergeseran disebut obake.
Nah, kali ini kita akan bahas sedikit tentang makhluk-makhluk yang ada dalam Mitos dan Legenda di Jepang. Beberapa Makhluk Legenda ini pasti sebagian besar kawula muda uda pada tau karena emang, banyak banget komik, anime ato beberapa film yang mengangkat cerita tentang mereka dan mungkin muncul sebagai tokoh pendukung dalam cerita.




1.
Onii Youkai

adalah sejenis makhluk jahat dengan kekuatan besar yang datang dari neraka untuk mengganggu kehidupan manusia di muka bumi. Oni dalam cerita tersebut digambarkan seperti Oni dalam legenda dan cerita rakyat Jepang, yaitu sebagai makhluk berwajah menyeramkan dengan gigi taring mencuat, bertanduk dan berkulit merah. Oni yang digambarkan setara dengan iblis dan setan-setan khas Eropa. Mereka memiliki kekuatan supranatural yang mampu menghancurkan manusia.




2.
Kitsune Youkai

adalah sebutan untuk binatang rubah dalam bahasa Jepang. Dalam cerita rakyat Jepang, rubah sering ditampilkan dalam berbagai cerita sebagai makhluk cerdas dengan kemampuan sihirnya yang semakin sempurna sejalan dengan semakin bijak dan semakin tua rubah tersebut. Selain itu, rubah mampu berubah bentuk menjadi manusia. Dalam legenda, rubah sering diceritakan sebagai penjaga yang setia, teman, kekasih, atau istri, walaupun sering terdapat kisah rubah menipu manusia. Dalam kepercayaan Shinto, kitsune disebut Inari yang bertugas sebagai pembawa pesan dari Kami (Dewa). Sebagian orang memberi persembahan untuk kitsune karena dianggap memiliki kekuatan gaib.




3.
Kuchisake-onna youkai
(Wanita Bermulut Lebar)]
merupakan salah satu legenda terkenal dari Jepang. Sesuai dengan namanya, makhluk ini berwujud wanita dengan mulut yang lebar, ujung bibirnya mencapai telinga. Konon wanita tersebut merupakan korban dari operasi gigi yang gagal, sehingga mulutnya robek dan giginya terlihat menyeringai dengan seram. Karena marah, wanita itu membunuh dokter yang mengoperasinya, setelah itu kabur sambil menutup mulutnya dengan kain. Kemudian wanita itu bergentayangan dan berubah menjadi siluman. Di jalan yang sepi, wanita tersebut sering bertanya kepada anak-anak yang berpapasan dengannya, apakah ia cantik atau tidak. Beberapa mitos mengatakan bahwa bila mengatakan cantik, maka nyawa anak itu selamat, sedangkan bila menjawab jelek maka akan dibunuh.




4.
Bijuu Youkai

adalah makhluk-makhluk legenda dari mitologi Jepang. Kebanyakan dari mereka bertubuh besar dan berkekuatan menakjubkan. Mereka tersebar di seluruh daerah Jepang. Kekuatan chakra/stamina mereka diklasifikasikan melalui banyaknya jumlah ekor mereka.
Para bijuu ini hanyalah mitos yang ada di Jepang. Kabarnya roh-roh mereka disegel di 9 kuil di Jepang. Para bijuu ini juga ada mahluk yang setengah dewa maupun peliharaan dewa. (Raijuu dulunya adalah dewa sebelum kekuatan kegelapan Yamata no Orochi membuatnya menjadi monster. Nekomata juga adalah peliharaan dewa kematian)
Anime yang ada Bijuu ini kaya : Naruto, trus di Nube juga ada




5.
Kappa Youkai

adalah makhluk legenda; suatu jenis peri air yang ditemukan dalam cerita rakyat Jepang. Kebanyakan gambaran memperlihatkan kappa sebagai humanoid seukuran anak, menyerupai monyet atau kodok daripada manusia. Beberapa keterangan menyatakan wajah mereka seperti kera, sementara yang lain memperlihatkan mereka dengan paras berparuh yang lebih mirip kura-kura atau bebek. anak-anak kecil adalah salah satu makanan favorit kappa yang rakus, meski mereka juga akan memakan yang dewasa juga. Mereka memakan korban-korban malang ini dengan menyedot keluat shirikodama (尻子玉) (atau usus, darah, liver, atau “daya hidup,” bergantung pada legendanya) melalui anus. Bahkan sekarang, tanda-tanda bahaya tentang kappa yang muncul dengan tubuh air di beberapa kota dan desa Jepang.




6.
Nekomata Youkai

Nekomata adalah sebuah makhluk dari cerita mitologi Jepang, dipercaya sebagai sebuah metamorfosis dari kucing peliharaan. Ia berasal dari Hutan Kematian di utara Hokkaido dan konon pertama kali ditemukan di Hutan Iblis Hokkaido, ia berasal dari Hutan Kematian (berbeda dengan hutan iblis) di utara Hokkaido. Bentuknya berupa monster kucing hitam raksasa.




7.
Tengu Youkai

Tengu adalah makhluk dalam legenda Jepang. Salah satu Kami penunggu gunung, atau youkai yang erat hubungannya dengan burung elang atau gagak. Pakaiannya mirip dengan pakaian pendeta yamabushi yang menempa diri di hutan dan gunung. Tengu memiliki hidung yang panjang, wajahnya merah, memiliki sepasang sayap, serta kuku kaki dan tangan yang sangat panjang. Tengu bisa terbang bebas di angkasa sambil membawa tongkat yang disebut kongōzue, pedang besar (tachi), dan kipas berbentuk daun (hauchiwa). Pekerjaannya menghalangi orang yang ingin mendalami agama Buddha. Nama lainnya adalah Gehō-sama (外法様 tuan sihir).




8.
Tsuchinoko Youkai

Adalah hewan yang dilaporkan ada di Jepang tapi belum pernah bisa dibuktikan (cryptid). Bentuknya seperti ular namun berperut gendut mirip botol atau pin boling dengan ekor yang kecil mirip ekor tikus. Hewan ini dilaporkan pernah "dilihat" saksi mata di berbagai tempat di Jepang, kecuali di Hokkaido dan Kepulauan Ryukyu. Hingga kini, tsuchinoko belum pernah berhasil ditangkap orang karena saksi mata menjadi takut, atau hewan ini lebih dulu melarikan diri. Beberapa pemerintah daerah di Jepang menawarkan hadiah uang dalam jumlah besar bagi orang yang berhasil menangkap tsuchinoko. Hadiah uang sebesar 100 juta yen pernah ditawarkan kota Itoigawa, Prefektur Niigata.
Kemungkinan besar, orang hanya salah melihat saja. Perut ular yang baru saja menelan mangsa berukuran besar akan membesar seperti sosok tsuchinoko yang dilaporkan saksi mata. Selain itu, tsuchinoko mirip dengan kadal genus Tiliqua yang masuk ke Jepang sebagai hewan peliharaan sejak sekitar tahun 1970-an. Kadal tersebut memiliki kaki yang kecil dan hampir tidak terlihat, sehingga di tengah kerimbunan dapat disangka sebagai tsuchinoko (sempet muncul di Doraemon juga)




9.
Amikiri Youkai

Kebanyakan Youkai jenis ini tinggal di bawah air. Berwajah menyeramkan dan kadang-kadang menyerang manusia. Amikiri bisa hidup di darat dan merubah wujudnya menjadi manusia. Amikiri jadi teman baik manusia jika manusia tersebut menghargai alam sekitarnya.




10.
Kasabake Youkai
Hantu payung yang digambarkan sebagai payung bermata satu dan lidahnya terjulur. Penopangnya adalah satu kaki (gagang paying) yang memakai sandal kayu. Hantu ini suka beterbangan saat hujan turun, dan kabarnya suka bermaindengan anak kecil.




11.
Yuki Onna Youkai

Youkai berwujud wanita cantik yang muncul di daerah pegunungan bersalju. Suka muncul di hadapan lelaki2 muda, dan menggoda agar lelaki tersebut mau menciumnya. Ciumannya akan membuat orang menjadi balok es.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...