Ads by BuzzCity

Minggu, 17 Juni 2012

Kepala Itu Tugas Berat

Seperti kita ketahui bersama, tubuh memiliki kepala, di sana ditempatkan mata, telinga, mulut, otak.

Sepertinya tuhan mengisyaratkan bahwa seorang kepala/pemimpin berfungsi seperti (minimal) keempatnya. Melihat, mendengar, berujar dan berpikir.

Melihat bisa diaplikasikan sebagai fungsi pengawasan, bukan untuk mencari kesalahan namun untuk mengantisipasinya. Saat kita tersandung batu misalnya, tidak pernah sang kepala menyalahkan kaki.

Mendengarkan keluhan, informasi, saran, masukan dari bawahan maupun orang sekitar. Pastinya tidak diambil mentah-mentah. Kesalahan pendengaran, suara yang kurang jelas, atau kurangnya konsentrasi memungkinkan perbedaan informasi yang disampaikan dengan yang didengar.

Berbicara dengan baik untuk tujuan baik. Nyata-nyata batu yang disandung kok dibilang "asu", salah satu ujud fitnah terhadap mata :)
Menegur, memuji, mengarahkan informasi itulah tugas mulut yang ada di kepala.

Berpikir adalah tugas otak yang ada di kepala. Apa yang terjadi, apa yang terasa, terlihat, didengar, semua diolah disini.

Sayang sekali saya sebagai kepala keluarga, belum mampu untuk mendengar, melihat, berucap maupun berpikir. Namun selagi napas masih diberi, masih ada kesempatan untuk perbaiki diri.

posted from Bloggeroid

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...