Jangan cuma tau TransJakarta, mikrolet, atau metro mini. Kamu juga harus tau sejarah tentang kendaraan umum di Indonesia. Jadi, sebelom TransJakarta eksis, ada yang lebih dulu mencuri perhatian pengguna kendaraan umum di Jakarta. Nih!


1. Oplet

Kamu tau nggak kendaraan apa yang paling populer di taun 1960-1970-an? Nggak tau? Ah, payah. Jawabannya: oplet. Oplet ini bentuknya unik. Badan oplet, hampir semuanya terbuat dari kayu, termasuk jendela. Trus, tangki bensinnya ada di bagian dalem, persis di antara kaki-kaki penumpang. Unik, ya? Sayang, sekarang oplet udah nggak ada lagi, diganti sama mikrolet. Nah, pada taun ’90-an oplet sempet populer lagi gara-gara sinetron Si Doel Anak Sekolahan.


Image

2. Bis Tingkat

Di antara semua jenis kendaraan umum yang ada sekarang, pengen banget bisa naik bis tingkat. Biarpun jalannya lambat, tetep aja bentuknya keren, unik. Tapi bis tingkat udah nggak ada, udah ditarik dari peredaran. Tapi jangan sedih. Katanya di Solo masih ada. Besok ke solo, ah! Eh, tapi bener kan, ya, di Solo masih ada? Coba yang orang Solo, mana suaranyaaaaaaaa?

3. Bemo

Sayang, ya, kendaraan ini udah nggak ada. Eh, apa masih ada, ya? Cuma hampir punah? Bagi yang pernah naik bemo akhir-akhir ini, tolong kasih tau ya. Terima kasih. Jadi kangen sama bemo. Ngomong-ngomong kamu tau nggak bemo itu singkatan dari apa? Nggak tau juga? Ih, nggak tau mulu. Bemo = Becak Motor. Pertama kali muncul di Indonesia taun 1962. Pokoknya kalo naik bemo tuh berasa dekeeett banget sama penumpang lain walaupun nggak kenal. Bukan apa-apa, sempit soalnya. Jadi mesti empet-empetan. Tapi entah kenapa, naik bemo, walaupun empet-empetan, tetep asoy.


Ada yang tau lagi nggak kendaraan umum yang dulu sempet ada di Jakarta tapi sekarang udah nggak?


Sumber