Ads by BuzzCity

Selasa, 12 Juni 2012

Aturan Bola: Offside

Seperti yang kamu sudah tau, nanti malam EURO 2012 akhirnya akan dimulai. Para penggemar bola tentunya sudah sangat tidak sabar dan yang gak gemar bola…ya mungkin pengen ikut-ikutan aja sih. Buat yang suka bola sih gak masalah lah ya. Tinggal pilih mau dukung siapa trus nonton. Tapi buat yang gak suka bola mungkin bahkan masih bingung soal aturan main bola. Karena seperti yang mungkin sudah kamu duga, main bola itu gak cuma asal nendang doang. Ada aturannya. Nah, kali ini akan memberikan kamu sedikit pelajaran tentang aturan bola yang mungkin banyak bikin para awam bola bingung: Offside.

Definisi

Menurut Wikipedia, offside adalah sebuah situasi yang terjadi jika seorang pemain diberikan bola ketika berada lebih dekat dengan garis gawang lawan dibanding posisi pemain lawan.

Posisi Offside

Nah, gambar di atas ini menunjukkan posisi offside tuh. Seperti yang bisa kamu liat, yang titik biru itu ada yang posisinya di belakang yang merah kan? Nah, si biru itu offside.

Kenapa Perlu Ada Offside?

Ya perlu lah. Kalo gak ada enak banget dong penyerangnya. Ngendok aja di deket gawang lawan. Ntar tinggal nungguin bola dioper ke dia, trus ngegolin dong. Curang amat.

Perumpamaan Dalam Kehidupan Sehari-hari

Kalo kamu masih bingung juga dengan istilah offside ini, mungkin akan mencoba menjelaskan dengan perumpamaan dalam kehidupan sehari-hari.

Misalnya kamu punya temen nih. Temen kamu punya pacar. Pacarnya cantik dan seksi banget. Suatu hari mereka berantem. Terus pacarnya temen kamu ini (yang cantik dan seksi) curhat sama kamu dan dia nangis-nangis. Dia sungguh rapuh. Dia butuh ditenangkan. Saat itu, kamu bisa aja langsung gejol sama dia. Nah, kalo kamu gejolin dia, itu kamu offside. Gak aci dong. Karena kamu main belakang sama temen kamu itu dan memanfaatkan kerapuhan si cewek.

Ya kurang lebih gitu lah. Gak 100% tepat sih perumpamaannya. Tapi inti dan semangatnya sama kok.

Sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...