Ads by BuzzCity

Rabu, 23 Mei 2012

Terkubur Selama 86 Juta Tahun, Makhluk Ini Masih Hidup

terkubur-selama-86-juta-tahun-makhluk-ini-masih-hidup.jpg (540×270)


Menurut Anda, apakah mikroba termasuk makhluk hidup? Apabila Anda menjawab mikroba adalah makhluk hidup maka pertanyaan lainnya adalah apakah makhluk hidup dapat bertahan tanpa makanan dan oksigen selama kurang lebih 86 juta tahun?


Anda tidak perlu melakukan penelitian untuk menjawab hal tersebut karena ilmuwan dan peneliti gabungan dari Jerman dan Denmark telah menemukan sendimen di dasar laut. Di balik sendimen yang dipercaya sebagai jejak dari kaki dinosaurus pada zaman dahulu tersebut terdapat beberapa komunitas mikroba yang ternyata masih hidup sampai sekarang.


Menurut Popsci.com, diperkirakan bahwa komunitas mikroba tersebut hidup di era mid-Jurassic atau zaman pertengahan. Para peneliti menemukan komunitas mikroba tersebut di balik lempengan di dasar lautan yang hampir tidak memiliki tingkat oksigen sempurna dan banyak makanan. 

Uniknya, setelah diteliti, ternyata, mikroba-mikroba tersebut masih tetap membutuhkan oksigen untuk hidup namun mereka mengelolanya secara sistematis. Maksud dari sistematis ini adalah, para mikroba tersebut menggunakan cadangan oksigen yang mereka punyai sedikit demi sedikit. 

Para peneliti juga mengatakan bahwa organisme super kecil ini tidak mendapatkan asupan makanan sejak mereka terkubur 70 sampai 86 juta tahun lalu. Walaupun apabila dinalar secara logika hal tersebut sangatlah mustahil, namun keberadaan komunitas mikroba tersebut membuktikan bahwa daya tahan mikroba sangat kuat di dalam tekanan di bawah laut dengan tingkat oksigen sedikit dan asupan makanan yang juga sedikit. Sungguh bukti kebesaran Tuhan lainnya.



sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...