Ads by BuzzCity

Kamis, 26 April 2012

wow keren lahar di mars membentuk Gajah



Dari aliran lahar kering di permukaan planet Mars terbentuklah pemandangan yang sangat menyerupai bentuk kepala gajah, dengan mata dan belalai gajahnya.

mars,lahar,gajah,planetNASA/JPL/University of Arizona
Foto Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA beberapa hari yang lalu menangkap pemandangan unik di permukaan Mars, persisnya di area Elysium Planitia yang merupakan kawasan termuda di planet tersebut yang sering mengalami banjir lahar.

Gambar penampakan itu terekam dengan alat High Resolution Imaging Science Experiment (HiRISE), yang terpasang pada Mars Reconnaissance Orbiter milik NASA.

"Ini contoh klasik untuk fenomena psikologis pareidolia, yaitu ketika kita melihat seumpama ada hal-hal (seperti binatang) yang tidak benar-benar ada," ujar ahli geologi planet asal University of Arizona, Alfred McEwen. Ia mencontohkan, misalnya untuk faktor yang sama orang acapkali melihat awan berbentuk binatang.

Para ilmuwan tidak dapat memastikan, apakah aliran lahar di Mars itu diendapkan secara cepat atau dalam waktu yang relatif lama sebagaimana halnya di Bumi. Di Bumi, banjir lahar dapat diendapkan di tempat yang sama selama tahunan hingga puluhan tahun.

"Ini menjadi bukti bahwa mungkin benar banyak pula aliran banjir lahar di Mars," papar McEwen.

Mars Reconnaissance Orbiter telah mengelilingi Planet Merah sejak 2006, setelah diluncurkan tahun 2005. Saat ini Mars Reconnaissance Orbiter sedang dalam fase perpanjangan misi.

Pihak ofisial NASA menyatakan, Mars Reconnaissance Orbiter telah mengirimkan lebih banyak data ke Bumi dari semua misi antarplanet lainnya yang digabungkan.

(Gloria Samantha. Sumber: Fox News, TIME, Huffington Post)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...