Ads by BuzzCity

Senin, 23 April 2012

Ini Dia Ide-ide Widjajono 'Si Wamen Nyentrik'







http://klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2012/04/21/29180/540x270/wamen-esdm-kritis-di-gunung-tambora.jpg





Hari ini Wakil Menteri ESDM Widjajono Partowidagdo meninggal dunia saat mendaki Gunung Tambora di NTB. Selama menjabat, Widjajono banyak mengeluarkan ide di sektor migas. Apa saja?



Dari catatan detikFinance, Sabtu (21/4/2012), setidaknya ada dua ide besar yang sering didengungkan Widjajono. Teranyar adalah soal pemunculan bensin Premix Ron 90 untuk mengatasi banyaknya mobil mewah yang menggunakan premium karena harganya yang sangat murah.



Guru Besar ITB berambut gondrong ini yakin, jika Premix dijual Rp 7.200 per liter, maka para pengguna mobil mewah tak akan menggunakan premium lagi.





http://images.detik.com/content/2012/04/21/157/Widjajono-1.jpg




"Kan, ada orang berpikir, mau pakai BBM non subsidi tapi harganya terlalu tinggi, tapi kalau pakai BBM bersubsidi tidak tega makan subsidinya terlalu besar. Maka kenapa kita tidak memberikan pilihan di tengahnya, yakni campuran antara BBM bersubsidi dan non subsidi, harganya di tengah," kata Widjajono.



Dia yakin alternatif bahan bakar ini akan diterima masyarakat. "Karena selama ini kan sudah banyak orang yang mencampur pertamax dengan premium, biar bahan bakarnya tidak terlalu jelek. Artinya pasarnya kan ada, jadi kenapa tidak," ujarnya.



Widjajono bilang, ide ini baru sebatas pemikirannya dalam belum ada tindak lanjut kepada Pertamina.



Tidak hanya itu, Widjajono juga mempunyai ide soal pengalihan atau konversi BBM ke BBG yang sempat menuai kontroversi pula. Namun Widjajono mengatakan, Indonesia kaya akan gas sehingga BBG akan lebih murah. Dia pun mencontohkan masyarakat dengan memasang converter kit BBG untuk mobilnya sehingga bisa memakai BBG.



"Kalau harga premium masih murah Rp 4.500 per liter sulit buat orang mau pindah ke BBG, nah supaya jalan sebaiknya Premium/BBM bersubsidi naik seperti rencana awal Rp 6.000 per liter," jelasnya.



Ide-ide Widjajono ini tak jarang dikritik oleh anggota DPR. Namun, Anggota DPR Satya W. Yudha mengatakan Widjajono adalah sosok yang sangat jujur bersih dari kepentingan yang ditempatkan di kementerian yang sarat dengan kepentingan.



"Kehadiran beliau menjadi sangat penting dalam kebijakan energi nasional kita. Pikiran-pikirannya yang lurus dan sangat berpengetahuan sangat dibutuhkan bangsa. Fenomena Widjajono sama dengan Mbah Surip. Orang yang sangat genuine dan lagi populer di saat dipanggil yang maha kuasa," jelas Satya.



Selain itu, berikut daftar ide-ide Widjajono yang pernah disampaikan kepada detikFinance:



  • Perlu peraturan bahwa Pertamax wajib untuk mobil pribadi 1.500 cc ke atas.

  • Perlu peraturan bahwa Premium hanya untuk Angkutan Umum dan Sepeda Motor.

  • Penghematan untuk bensin sampai di atas 30% oleh HHO dengan alat seharga Rp 800 ribu ditemukan oleh Prof. Djoko Sungkono dari ITS.

  • Penghematan untuk diesel dengan larutan Penghemat BBM SF Turbo 1 ditemukan oleh Pak Faisal dari Palembang. Ini bagus untuk transportasi umum dan truk, termasuk truk batubara.

  • Penggunaan tabung elpiji 3 kg untuk nelayan melaut perlu disebarluaskan.

  • Transportasi umum mobil ditingkatkan kuantitas maupun kualitasnya supaya masyarakat mau pindah dari menggunakan kendaraan pribadi pada hari-hari kerja ke transportasi umum dan hanya menggunakan pada akhir pekan. Busway di Jakarta memerlukan armada yang jauh lebih banyak.

  • Pemakaian kereta api ditingkatkan kuantitas maupun kualitasnya baik untuk dalam kota maupun antar kota termasuk untuk angkutan barang dan batubara.

  • Medco memberi converter kit untuk CNG (Compressed Natural Gas) yang harga keekonomian CNG-nya Rp 4.100/liter setara premium (kalau disubsidi Rp 1.000 maka harganya Rp 3.100) untuk stafnya dan menyediakan bus kantor untuk pegawainya. Kalau kebanyakan perusahaan berperilaku seperti Medco maka Jakarta tidak macet. Daerah luar Jawa penghasil Migas bisa beralih ke BBG lebih cepat.

  • Perlunya penghematan pemakaian listrik dengan memakai lampu dan peralatan hemat energi dan mematikannya apabila tidak diperlukan.

  • Memaksimalkan pemanfaatan batubara, panas bumi, air, bioenergi untuk listrik dengan diatasi kendala-kendalanya. Harap diingat bahwa biaya listrik dari batubara, panasbumi dan air hanya seperempat biaya listrik dari BBM.

  • Memaksimalkan pemanfaatan energi surya, angin, arus laut, mikro hidro untuk daerah-daerah terpencil terutama Indonesia Bagian Timur.

  • Akan lebih banyak uang yang dihemat apabila kita bisa meminimalkan KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme), mengoptimalkan penerimaan pemerintah dan mengefisienkan pengeluaran pemerintah.

(rrd/dnl)







Selamat jalan Pak WaMen ESDM...



semoga amal perbuatan diterima disisinya, bangsa Indonesia kehilangan profesional sepertimu....



smoga idea idea positip bisa diterima rakyat Indonesia.






http://us.images.detik.com/content/2012/04/22/157/COVER-Wamen-ESDM-Widjajono.jpg









sumber :http://finance.detik.com/read/2012/04/21/190112/1898155/1034/ini-dia-ide-ide-widjajono-si-wamen-nyentrik?f990101mainnews

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...