Ads by BuzzCity

Senin, 23 April 2012

7 MACAM PELUKAN YANG WAJIB ANDA TAHU

Berpelukan dengan si kecil (Foto: Corbis)


BERPELUKAN dengan anak memberikan manfaat yang lura biasa. Agar Anda bisa mempraktikkan aktivitas menyenangkan ini, sebaiknya ketahui terlebih dahulu tujuh macam pelukan.


Berikut ini penjelasan Jovita Maria Ferliana Mpsi, staf pengajar Fakultas Psikologi Ukrida. 


- Butterfly kisses adalah berpelukan ala orang eskimo dilakukan oleh orangtua bersama sang anak. Mereka berpelukan kemudian menggesek-gesekkan hidung bersama.


- Pelukan bear adalah pelukan dengan merengkuh seluruh tubuh dengan satu tangan di pinggang dan satu tangan di bahu. Bertujuan memberikan rasa nyaman, disayang dan bisa diberikan saat anak sedang sakit, sedih atau takut.


- Pelukan pipi adalah memeluk si kecil dengan kedua tangan Moms kemudian satu pipi Moms menempel di pipi si kecil. Bertujuan membangkitkan rasa bahagia atau senang lebih efektif lagi ketika Moms dan si kecil dalam keadaan tenang serta rileks.


- Pelukan sandwich adalah pelukan cepat dengan posisi sambil duduk mata menatap kemudian berpelukan. Bertujuan memberikan rasa nyaman dan aman terutama jika si kecil sedang mengalami emosi yang negatif atau sedih.


- Peluk tepuk-tepuk adalah pelukan tepuk sebelah tangan Moms di bagian punggung si kecil posisi kepala si kecil bersandar di bahu Moms. Bertujuan menenangkannya saat ia sedang sedih atau menangis.


- Pelukan dada adalah pelukan dengan saling menatap dan lengan saling memeluk pundak. Bertujuan memberitahukan bahwa Moms bahagia atas kesuksesannya si kecil.


- Pelukan rindu adalah pelukan kangen keluarga besar seperti nenek, kakek atau paman dan bibi yang sudah lama sekali tak bertemu, biasanya lama dan sedikit berayun-ayun. Bertujuan memberikan kehangatan dan kebahagiaan di tengah keluarga besar. (Sumber: Mom & Kiddie)


[Sumber: Health.Okezone]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...