Sabtu, 18 Februari 2012

Ditemukan Sarkofagus Langka yang Tersembunyi Selama Ribuan Tahun


Sarkofagus adalah tempat untuk menyimpan jenazah bagi masyarakat jaman kuno. Biasanya, sarkofagus dibuat dari batu, logam atau emas, pokoknya sesuatu yang kuat dan tahan lama.
Namun, sarkofagus yang ditemukan oleh para tim arkeolog dari Universitas Jaen, Spanyol di kompleks pekuburan kuno Qubbet el-Hawa di Aswan, Mesir ini aneh, sebab terbuat dari kayu.
Ukiran yang menghiasi sarkofagus pada umumnya adalah menggambarkan siapa yang dikuburkan didalamnya. Dan ukiran yang terdapat pada sarkofagus kayu ini sangat halus, masih jelas terlihat, dan menggambarkan sebuah wajah yang menawan sekali.
Terkubur dalam pasir selama ribuan tahun, menurut para arkeolog tersebut, kira-kira sejak tahun 1830 sebelum masehi, kayu sarkofagus itu masih sangat baik dan hanya sedikit lapuk.
Tim tersebut melakukan penggalian di kuburan kuno yang diperkirakan telah digunakan sejak tahun 2250 sebelum masehi itu , sejak tahun 2008.
Mereka telah menemukan sekitar 20 mummi, di antaranya adalah sarkofagus kayu yang aneh tersebut.
Kompleks pekuburan kuno itu letaknya di bukit berbatu dan juga berpasir di pinggir sungai Nil.
Makam-makam kuno yang tertimbun selama beribu tahun di dalam pasir dan batu membuat para arkeolog harus menggunakan teknik baru seperti RTI atau pemindai 3D yang membantu membaca petunjuk yang tertulis dalam huruf hieroglif, jelas Profesor Alejandro Jiménez Serrano, yang bekerja bersama 16 staf dari Universitas Jaen, serta universitas di Granada dan London.
Seperti dikutip dari Dailymail 16/02/12, menurut mereka, seseorang yang dikubur dalam sarkofagus kayu tersebut kemungkinan adalah seseorang yang memiliki kedudukan tertentu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...